Rabu, 22 Oktober 2014

Mata Kuliah Mr. Go “Basic Selling”

Akhirnyamaterikuliah di Umar Usmantelah di mulai, dan yang dipelajari di awal-awaladalahmateridariMr Go danMr One.Tetapidisinisayaakanmenyampaikanapa yang sudahdisampaikanolehMr Go. Dan Mata kuliahMr Go yang telahberjalandariawalbulanOktoberini,diantaranya :
1.       Basic Selling – Magic Name Card
2.       Basic Selling –Wow Marketing Tools
3.       Basic Selling –Name Card Competition
4.       Basic Selling –Negotiation Challenge




1)      Basic Selling –Magic Name Card

Diawalkuliah, Mr Go menyampaikanmateripertamanyayaitu Basic Selling –Magic Name Card. Apaitu Basic Selling –Magic Name Card, Basic Selling adalah Hal-halDasardalampenjualan/marketing, Magic Name Card adalahkartunamaajaib. Ya, yang pertamadisampaikanMr Go dalam Basic Selling atau Hal-haldasarpenjualan/marketingadalahKartuNama.Bagaimanakartunamabisamenjadisesuatu yang “Ajaib”. Iya, bagaimanatidakajaibsebuahkartunamabisamenjadisebagai ‘perwakilan’ untukmengenalkandirikitakepada orang lain. Akan tetapi, membuatkartunamaternyatajugaadahal-hal yang harusdiperhatikan :
- ukurankartunamanya (panjang x lebarnya)
-bentukkartunamanya ( ada yang vertical , ada yang horizontal)
- warnadominan yang digunakan
-apasaja yang perludilampirkan di kartunamatersebut (sepertinama,alamat,nohp,produk)

Dan salahsatucontohnyaadalahsebagaiberikut :









1)      Basic Selling –Wow Marketing Tools

Di Basic Selling yang keduainidisampaikansaranaapa yang dibutuhkandalamstrategipemasaranproduk (marketing tools). Marketing tools iniberisitentangpengenalanproduk yang dimiliki. Dan disebutkanbeberapa marketing tools yang memangsudah familiar buatkita,diantaranya :
-          Kartunama ( focus kepadapengenalandiri)
-          Spanduk
-          Banner
-          Brosur
-          Leflet
-          Pamflet
-          Papannama
-          Baliho
-          Bill board
-          Stiker

Dari marketing tools tersebutdiatasadabeberapa yang bisakitamaksimalkanuntukmengenalkanproduk yang kitapunya. Yang harganyatidakterlalumahal, seperti ;brosur, pamflet,danjugastiker. Dan disesuaikanjugadengankebutuhankira-kiramana yang masihmungkinkitagunakansebagai marketing tools kita.




2)      Basic Selling –Name Card Competition

                Di materi yang ketigaini kami dibagidalamkelompokkecillalu kami ditugaskanuntuk survey kekafeatautempatmakandantempatnognkrong di sebuah Mall (dekatdenganKampus Umar Usman) yang masing-masingkelompoksudahdipilihkanolehMr Go untuk survey di kafeatautempatmakandantempatnognkrong yang mana. Kami ditugasiuntukmengamatibagaimanapelayanannya, apasajapilihan menu yang tersedia, bagaimanatataletakataubentuktempatnyadanjuga yang takbolehditinggaladalahkisaranharga menu di tempattersebut.
                Yah, survey yang memangbutuhpengorbanan (karenaada yang kebagiantempat yang menunyaagakmahal..hehe). Tapitakapalah, pengorbanankeciluntukkesuksessan di masadepan, aamiinya Robb. Setelah kami survey, danhasilpengamatansudah kami catat di form yang sudahdiberikankepada kami di awal, kami melanjutkantugas kami yang selajutnyauntukmembagikankartunamamasing-masing yang sudahdibuatsebelumnya (tugasmembuatkartunama di materikuliahpertamaMr Go).Setiapmahasiswa/mahasiswidiwajibkanmendapatkan data 5 orang besertatandatangandantidaklupamemberikankartunamanyakepada orang tersebut.
                Ya, begitulah Name Card CompetitionalaKampus Umar Usman, semogabisaterusmenjadikan kami terbiasa “mengamati”, “survey” atauapalahnamanyauntukinovasibisnisatauusaha yang akan kami jalankannanti. Insya Allah… J



3)      Basic Selling –Negotiation Challenge

                Materi yang terakhirmemangluarbiasa, gaktanggung-tanggung, apalagiya kata yang pas buatmendiskripsikannya, emm,,mungkin #sedepp. Iya, karena kami mendapattugasuntukberjualankejalandengan modal Rp 20.000,- x jumlahkelompokkecil (kira-kira 5-7 orang) jadikatakanlahRp 100.000,- untuk modal dibelikanterserahapasesuaidengankesepakatankelompok, dandalamwaktudua jam saja!!!
                Jadibeginipenjelasannyalebihrincinya :
-          Jualan di jalan (dekatpasar)
-          Modal Rp 20.000,- x jumlahkelompok (5-7 orang)
-          Dalamwaktukira-kiradua jam
-          Yang dapat profit paling banyakkelompoknya yang menang


Sayangkelompaksayakurangberuntung, yaAlhamdulillah sudahdapat profit, tapimasihada yang jauhlebihbesar.Tapiterlepasitu, inimateri yang luarbiasa, di mana kami dituntutuntukberpikircepatmauberjualanapa, dalam modal yang terbatas, dandalamwaktu yang singkat. Benar-benarmelatih skill enterpreuner kami.Suksesbuatkitasemua…semangatya..



By Boss Widi

0 komentar:

Posting Komentar

  • KAMPUS KAMI

    Kampus umar usman bertujuan melahirkan para entrepreneur, orang - orang yang melahirkan usaha baru. Merujuk kepada salah satu hadist Rasulullah
  • Philanthropy

  • KONTAK KAMI

    Philanthropy Building
    Jl. Warung Jati Barat No. 14
    Jakarta Selatan Indonesia 12540
    Telp. (021) 78845924/25 or 0858 8853 8899
    Fax. (021) 7884 5926
    Pin BB : 2732D3A7
    WhatsApp : 0811 212 99 55