Minggu, 05 Oktober 2014

Museum Bank Mandiri

Ini merupakan pengalaman pertama kami menginjakan kaki di Musium Bank Mandiri yang berada tidak jauh dari Stasiun Kota Jakarta. Musium yang memiliki sejarah luar biasa. Berawal dengan menggunakan alat-alat Transaksi yang masih sederhana (contoh : mesin ketik) hingga menjadi semodern sekarang.

Memasuki jam 10, materi pertama kami peroleh dari Pak Zaim Muchrowi, beliau merupakan salah satu pendiri dompet dhuafa.
Sukses, lanjut Pak Zaim, adalah seberapa banyak kita bertambah. Baik itu bertambah kaya juga berlimpah secara lahir dan bathin. Beliau pula membagi definisi sukses menjadi 3. Apa saja?
1. Bertambah.
  Sebagaimana hadist nya, "Orang yang lebih baik dari hari kemarin, ia beruntung. Yang sama saja dengan hari kemarin, ia merugi. Sedangkan orang yang lebih buruk (keadaannya) dari kemarin, ia celaka"
2. Berimbang.
3. Berkah.
  Berkah disini berarti apa yang kita peroleh mempunyai manfaat yang lebih, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang banyak.

Berlanjut ke materi selanjutnya, Pak Zaim Muchrowi juga menjelaskan kepada kami tentang sifat-sifat manusia. Yaitu :
1. Si Pikir
  Si Pikir ini cenderung Tertib, hati-hati dan peragu. Belahan otak yang berperan dalam sifat si pikir adalah Otak Kiri, yang lebih kepada sifat Fathanah. Ia juga bersifat Kiri - Introvert.
2. Si Baik-Baik
  Tulus, open minded dan mudah terpengaruh adalah karakteristiknya. Otak Kanan nya lebih dominan sehingga Si Baik ini cenderung Kanan - Introvert. Jika dilihat dari perilaku, mereka ini sidiq atau kecerdasan SQ.
3. Si Teguh
  Otak kiri berperan aktif dalam kecerdasan Kiri - Ekstrovert ini. Mempunyai sifat yang amanah atau kecerdasan AQ. Si Teguh merupakan orang yang fokus tujuan, gigih, namun kurang empati terhadap lingkungan.
4. Si Meriah
  Antusias yang tinggi, kreatif tetapi semua itu mereka lakukan karena memerlukan atensi / perhatian terhadap lingkungan. Kecerdasan EQ yang juga membuat Otak Kecil Kanan berperan lebih besar.

Namun walaupun ada beberapa karakter atau sifat pada manusia, semua mempunyai peran penting dalam interaksi atau kehidupan sosial. Karena apa? Bisa dibayangkan jika semua yang ada di dunia ini adalah Si Meriah, apapun yang mereka lakukan memang penuh keceriaan dan kebahagiaan juga mengingikan pengakuan dari orang lain namun kurang fokus pada tujuan, hal ini menyebabkan apa-apa yang dikerjakan tidak terkendali dan terkesan semaunya. Untuk itulah Allah Menciptakan beragam sifat / karakter manusia agar saling melengkapi dan semua mempunyai peran masing-masing. Wallahu'alam.
Materi yang disampaikan Pak Muchrowi begitu menarik. Kami jadi bisa mengetahui bagaimana sifat masing-masing agar dapat memperbaiki kekurangan dan memaksimalkan kelebihan diri.

Berlanjut ke Pemateri kedua, yaitu Bapak Kartiko Adi Pramono. Perangainya kalem akan tetapi ilmu nya tidak kalah luar biasanya dari Pak Muchrowi.
Menurutnya Rahasia mindset sukses berinovasi terbagi menjadi :
1. Knowledge / Pengetahuan
2. Skill / Keahlian
3. Attitude / Perangai

Berawal dari Mindset yang baik akan manghasilkan tindakan yang juga baik. Mindset dalam arti, Pikiran (terjadi melalui outside / pengaruh luar yang masuk kedalam diri ) dan yang kedua adalah perasaan ( dari dalam diri yang kemudian berlanjut ketindakan atau out )

Untuk mempunyai mindset yang positif, semua bisa berawal bersyukur. Ada apa dengan bersyukur? Kenapa harus dimulai dengan syukur?
Rasa syukur sebenarnya tidak memerlukan sesuatu yang besar, berawal dari hal kecil seperti bangun tidur, mandi, sarapan, shalat dan hal-hal kecil lainnya yang mungkin kita anggap sesuatu yang wajar yang biasa.
Bukankah Allah juga Berfirman, "Maka Nikmat Tuhan mu yang mana lagi yang engkau dustakan?" Dan juga Firman-Nya yang berbunyi, "Barang siapa yang mensyukuri Nikmat-Ku maka akan Aku Tambahkan, dan siapa yang mengingkarinya sungguh Adzab-Ku sangatlah pedih"

Berawal dari rasa syukur, menghasilkan positive mindset yang akhirnya akan berpengaruh terhadap tindakan, khususnya bagi kita semua, calon-calon pengusaha Moslem Millionaire. Aamiin. Karena seorang Pengusaha mampu menjadikan yang biasa menjadi luar biasa.



By : Boss Erni

0 komentar:

Posting Komentar

  • KAMPUS KAMI

    Kampus umar usman bertujuan melahirkan para entrepreneur, orang - orang yang melahirkan usaha baru. Merujuk kepada salah satu hadist Rasulullah
  • Philanthropy

  • KONTAK KAMI

    Philanthropy Building
    Jl. Warung Jati Barat No. 14
    Jakarta Selatan Indonesia 12540
    Telp. (021) 78845924/25 or 0858 8853 8899
    Fax. (021) 7884 5926
    Pin BB : 2732D3A7
    WhatsApp : 0811 212 99 55