Minggu, 14 September 2014

Business Coach With Adam Nova




Assalamu alaikum wr. wb.
Motivator: ADAM NOVA
TTL : KUNINGAN, 26  November 1979
Karya : Penulis Buku Best Seller " 5 Rukun Keberlimpahan"
             Neuro Business Coach
            Trader & Investor Reksadana
            Omar Group
            Tomura Syariah

            Materi yang diajarkan ini adalah hasil dari perenungan dan perjalanan hidup Beliau, seringkali beliau merenung Kenapa kebanyakan orang kaya semakin kaya sementara yang miskin makin miskin ? kenapa banyak orang yang sudah kerja keras pergi pagi pulang petang pinggang pegel kepala pusing tapi penghasilan pas-pasan? maksudnya pas butuh ngga ada,hehe…Sementara ada orang yang santai-santai saja bahkan kerjaanya jalan-jalan tapi kekayaannya berlimpah. Apa sebenernya yang mereka lakukan? apa ini nasib, ataukah takdir? bisakah nasib atau takdir ini di ubah? kalau bisa bagaimana caranya?
Di awali dengan materi membuka Mental block dengan cara merubah Mindset kita,Tahukah anda bahwa otak itu bisa menerima segala informasi tapi belum tentu mengerti. Artinya jika informasi yang di terima otak tidak di mengerti maka alam bawah sadar kita tidak bisa meng-ekskusi-nya.
Dan untuk merubah mindset ini tidak bisa spontan,butuh latihan membiasakan berpikir positif. Di berikan contoh,jika anda terbiasa menulis dengan tangan kanan maka coba lakukan sekali dengan tangan kiri,lihat hasilnya....lalu ulangi hal tersebut 3x,10x dst...sekarang lihat perbedaanya. Hal yang kecil saja jika spontan kita rubah akan memberikan hasil yang kurang bagus bahkan gagal,tapi jika hal itu kita lakukan berulang-ulang akan memberikan hasil yang semakin baik. Di otak kita pasti sebelum mencoba sudah memberikan beberapa jawaban,tidak bisa,pasti jelek,dan lain sebagainya. contoh kedua,apa yang anda pikirkan jika di suruh menggambar pemandangan? rata-rata pasti menggambar 2 buah gunung ada matahari di tengah,ada jalan setapak dan sawah,tambah lagi beberapa burung....
Dan jika ada pertanyaan apa yang anda pikirkan tentang berbisnis ? Pasti jawaban yang pertama mulcul adalah susah,berat,butuh pengalaman,butuh modal besar,takut gagal dan bla..bla..bla...itulah mental block yang harus kita buka.
Itulah mindset kita selama ini yang harus kita rubah untuk menuju kesuksesan. Apakah anda ingin KAYA ? Apa definisi kaya menurut anda ?
Jawaban KAYA itu sederhana,hukum keseimbangan. Orang akan kaya jika pendapatanya > pengeluaranya. Maka untuk menjadi kaya ada 2 piihan yang bisa kita lakukan. yaitu kita pilih menaikan pendapatan atau memilih menurunkan pengeluaran. Simple sekali.
Kembali lagi pada awal materi bahwa otak meng eksekusi jika informasi tidak di mengerti. Jika yang ada di pikiran kita hanya kata KAYA,sedangkan kita tidak mencari tau langkahnya menuju kaya, otak tidak akan memproses itu.
Jika sudah tau apa itu kaya,maka beberapa langkah kecil bisa kita buat.
1) buatlah perincian berapa kebutuhan anda perbulan
2) hitung berapa pendapatan anda perbulan
Dari sini kita sudah tau jawaban ada di posisi mana anda saat ini, di Miskin kah, di kecukupan kah, atau di kaya...anda yang tau masing-masing jawabanya.
Anda pilih mana bekerja di gaji 3jt/bln atau tidak ngapa-ngapain dapet 1jt/bln ?
secara kasat mata lebih banyak 3jt,tapi jika di hitung sesuai jam kerja masih banyak yang 1jt. 3jt/bln = 100rb/hari sedangkan 1jt jawabanya tak terhingga
Setelah tau ini Anda di tuntut berpikir bagaimana caranya mendapatkan uang yang nilainya = kebutuhan perbulan tapi ga ngapa-ngapain. Artinya kita ga ngapa-ngapain sudah bisa di level cukup.misal kebutuhan 3jt/bln,maka tugas utama bangaimana mendapatkan 3jt/bln tanpa ngapa-ngapain. Cara mudahnya denga investasi. maka otak harus berikir dimana investasi yang mendapatkan 3jt/bln dan berapa modal yang di butuhkan? Dengan sendirinya otak kita akan menghitung jika dapat 1% maka butuh 300jt, jika dapatnya 3% maka butuh 100jt, jika dapetnya 10% maka butuhnya 30jt. tentunya besarnya return sesuai dengan tingkat resiko. Dari sini anda punya target pertama mengumpulkan sejumlah modal yang anda pilih. Jika anda sudah berhasil di sini anda sudah kaya. tinggal menggulung-gulung nilai investasi.
Ada 4 kuadran waktu dan uang
1. punya waktu,tak punya uang. Pengangguran
2. Tak punya waktu,punya uang. self employe
3. Tak punya waktu,tak punya uang. Karyawan
 4. Punya waktu,punya uang. Bisnis,Investor
Syarat menjadi Pengusaha adalah memiliki bisnis lalu di tempelin dengan Management dan Leadership.
Jangan mengaku jadi pengusaha jika bisnis anda masih di jalani sendiri. Lalu bagaimana untuk memilih bisnis yang cocok ? jawabanya adalah carilah bisnis sesuai dengan Fashion anda.
Apa syarat fashion itu :
1.Suka, anda suka melakukanya
2.Lupa waktu, jika anda mengerjakan itu sampai lupa waktu
3.Lebih jago. anda lebih jago melakukan itu di banding temen yang lain
4. Menghasilkan. Hal itu bisa menghasilkan uang.
keempat syarat fashion di atas akan menjadi bisnis jika di tempelin dengan Management dan Leadership. Jika anda berbisnis sesuai fashion anda maka tidak ada yang namanya kerja keras,karena anda suka,sampai lupa waktu,dan karena lebih jago akan lebih mudah berhasil.
Ada 4 type Pengusaha
1. Kontraktor : Handal,fokus,permintaan pasar besar tapi kurang modal.
2.Konseptor : Amanah,detail,strategik,jeli melihat peluang.
3.Konektor : Memiliki jaringan ke investor,terpercaya,komunikatif
4.Investor : Berduit,tak mau terlibat teknis,mudah percaya,sudah bebas financial.
Tinggal anda sendiri yang pilih,fashion anda masuk di kategori yang mana.
Ada 3 rumus yang wajib di ketahui pengusaha. saran saya sebagai penulis,janganlah anda menghafal rumusnya,tapi pahamilah pengertianya maka anda akan tahu dengan mudah tanpa harus hafal rumusnya.Karena dengar kata rumus sudah jadi alergi. Ok kita mulai :
1. BEP (Break Event Point)
adalah jumlah yang harus terjual untuk mendapatkan laba = fixed cost.
artinya kita harus mengetahui berapa produk yang harus kita jual perbulan,perhari bahkan perjam supaya mencapai nilai imbang(tidak rugi,tidak untung) dengan cara menghitung total fixed cost(sewa tempat,gaji pegawai,kebutuhan listrik,air dll) di bagi dengan laba per produk.
cth: sewa tempat 12jt/th, gaji pegawai 1jt/bln, listrik dll 1jt/bln. laba 10rb/produk
maka kita dapatkan BEP dengan cara sewa tempat 12jt/th =1jt/bln
(1jt + 1jt + 1jt) / 10rb = 300 pcs/bln atau 10pcs/hari atau 1pcs/jam jika jam kerja 10jam/hari.
dengan begitu kita bisa menentukan target dengan menganalisa beberapa hal,misal dari 100 orang yang lewat berapa orang yang mampir,dari sekian yang mampir berapa orang yang jadi membeli produk dll. Dan dengan mudah kita mengontrol jam ini sudah BEP belum ?, hari ini sudah BEP belum? dan sebagainya.
2. PBP (Payback Period)
adalah berapa lama sih modal kita kembali jika di ketahui perbulan mendapatkan laba tertentu. jika kita sudah mengetahui perbulan mendapatkan laba maka dengan mudah juga kita tahu kapan laba itu mencapai nilai total investasi.
cth : total investasi 100jt dan per bulan mendapatkan laba 5jt. maka berapa lama kita kumpulkan laba 5jt agar mencapai 100jt ? Betul sekali,jawabanya 20bln di dapat dari 100jt/5jt.
3. ROI ( Return On Invesment)
adalah berapa persenya laba yang di dapat dari total nilai investasi.maksudnya laba yang di dapatkan perbulan itu berpa persenya dari nilai investasinya.Besarnya ROI sesuai dengan tingkat resiko.
cth : total investasi 50jt,mendapatkan laba 5jt perbulan. maka dengan mudah bisa di lihat angka 5jt itu berapa persenya dari 50jt ? jawabanya 10% yaitu di dapat dari 5jt/50jt x 100%
Kenapa harus tau hitungan angka seperti ini? karena hanya sesuatu yang bisa di ukur(dengan angka) yang bisa di tingkatkan nilainya.
Bisnis ada 2 jenisi yaitu
1. bisnis rintisan biasanya ROI minimum 10%
2. bisnis percepatan. Franchise minimum ROI 5%. Autopilot ROI 3%. Investasi ROI 1%
adapun pola bagi hasil berdasarkan :
-omset 5-15%
-profit bisa 70% vs 30%, bisa 60% vs 40%, bisa 50% vs 50%
-investasi 1-5%
biaya-biaya yang sering terabaikan para pengusaha pemula adalah
1. Investasi = seluruh biaya yang di keluarkan untuk usaha
2. Gaji owner
3. biaya produksi dan operasional.
Prinsip Bisnis
1. Pola. semua ada polanya, mau kaya ada polanya dan mau miskin pun ada polanya.
cth : lanjutkan angka ini 2,4,6,.....  pasti jawaban anda semua 8,10,12,dst. kenapa saya bisa tahu jawaban anda? karena sudah ada pola angka sebelumnya. Nah jika anda mau kaya maka ikuti pola orang kaya,mudah.
2. Proses. semua ada prosesnya,tidak bisa secara tiba-tiba. untuk bisa menulis dengan tangan kiri saja butuh proses.
3. CFO Cerai/pecah, Fokus, Optimal.
4. WHO - HOW. carilah who jangan tanya how.
carilah orang yang sudah sukses di bidang itu jangan tanyakan bagaimana.
5. Faktor pengali. atau cabang.
Mulailah bisnis dari yang paling sederhana. ada 2 yaitu ATM dan ATP.
Amati,Tiru lalu modifikasi. kalau ga bisa ya Amati,Tiru,Plek.
Ada banyak pebisnis yang mengawali dengan cara-cara ini dan bisa berkembang menjadi besar.
Demikain materi yang dapat saya sampaikan semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semua,Dan tak lupa saya ucapkan kepada guru besar mas ADAM NOVA sebagai salah satu motivator pengisi materi di kampus Umar Usman.

wassalamu alaikum wr. wb.

1 komentar:

  1. apa benar penulisan "fashion" nya seperti itu?hehe
    buknannya Passion yah?:D
    terimakasih ;)

    BalasHapus

  • KAMPUS KAMI

    Kampus umar usman bertujuan melahirkan para entrepreneur, orang - orang yang melahirkan usaha baru. Merujuk kepada salah satu hadist Rasulullah
  • Philanthropy

  • KONTAK KAMI

    Philanthropy Building
    Jl. Warung Jati Barat No. 14
    Jakarta Selatan Indonesia 12540
    Telp. (021) 78845924/25 or 0858 8853 8899
    Fax. (021) 7884 5926
    Pin BB : 2732D3A7
    WhatsApp : 0811 212 99 55