Rabu, 24 September 2014

Mosque Services

Rasulullah saw bersabda, Kebersihan itu adalah setengah dari iman   ( HR Ahmad )

Rasulullah saw bersabda kepada kita untuk harus bersih lahir dan batin, Kebersihan lahir seperti pakaian dan seluruh anggota tubuh. Sedangkan kebersihan batin yaitu ,bersih dari sifat tercela seperti takabur, membanggakan diri, sombong, ego, pendendam ,kikir, bakhil, dll.
Kebersihan lahir akan sempurna apabila dibarengi dengan kebersihan batin.  Sebaliknya kebersihan batin akan terlihat buahnya dengan jelas apabila diikuti dengan kebersihan lahir..
Firman Allah di dalam Q.S Al Muddatsir 74 : 4 6 yang berbunyi sebagai berikut

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ [٧٤:٤]وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ [٧٤:٥]وَلَا تَمْنُن تَسْتَكْثِرُ [٧٤:٦]  

  dan pakaianmu bersihkanlah,--- dan perbuatan dosa tinggalkanlah,--- dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak

Betapa indahnya jika kita sebagai umat Islam mempunyai kepribadian yang bersih lahir dan bathin.
Saat ini kita akan bahas sedikit tentang kebersihan lahir.
Ada beberapa orang yang berkata, "Yang penting bersih hati dan pikirannya, gak usah repot-repot urusan lahiriyah (fisik)". Loh, ini persepsi yang salah teman. Kenapa? Justru dengan kebersihan Hati dan Pikiran kita, otomatis otak akan mentransfer keinginan / perintah untuk juga melakukan kebersihan secara fisik. Apa jadinya jika kita hanya mengutamakan kebersihan bathin? Misal berangkat ke sekolah / kampus / kantor hanya dengan menggunakan kaos oblong, celana selutut dan sandal jepit yang mungkin sudah teriak-teriak menuntut hak pensiunnya. Bukankah terlihat sangat tidak enak dipandang? Yaa.. Begitupun dengan Umat Islam.
Kita sebagai generasi muda Muslim sebaiknya terus dan harus menjaga kebersihan lahir, salah satunya dengan menjaga keindahan dan kebersihan rumah Allah, Masjid. Allah Maha Indah dan Menyukai keindahan Dan kita mempunyai tanggungjawab untuk merawatnya. Bukankah karakter seseorang dapat dilihat hanya dengan melihat keadaan rumah / kamar tidur dan kamar mandinya? Dan Masjid adalah Rumah Allah. Bagaimana jika Rumah Allah kita abaikan? Terbayang apa yang ada dibenak kaum non-muslim.

Untuk itu teman, mari kita terus memperbaiki diri kita. Dimulai dengan diri sendiri, semoga kita dapat mengajak kebaikan, menjadi pioner kebaikan yang salah satunya adalah terus menjaga kebersihan Rumah Allah.
Seorang pembantu rumah tangga (PRT) yang setiap harinya begitu rajin membersihkan rumah majikannya saja dibayar untuk kerja kerasnya. Nah ini Rumah Allah, terbayang apa yang kita dapat? Dari Allah langsung, Sang Empunya Alam Semesta. Subhanallah.


Semoga kita semua mempunyai niat dan tindakan yang tulus serta selalu menjaga kebaikan dan kebersihan. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

  • KAMPUS KAMI

    Kampus umar usman bertujuan melahirkan para entrepreneur, orang - orang yang melahirkan usaha baru. Merujuk kepada salah satu hadist Rasulullah
  • Philanthropy

  • KONTAK KAMI

    Philanthropy Building
    Jl. Warung Jati Barat No. 14
    Jakarta Selatan Indonesia 12540
    Telp. (021) 78845924/25 or 0858 8853 8899
    Fax. (021) 7884 5926
    Pin BB : 2732D3A7
    WhatsApp : 0811 212 99 55